Wednesday 31 July 2019

Coto Makassar di Malang

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Saat kuliah dulu, aku pernah diajak kawanku (asal dia dari Toli-Toli) untuk makan di warung masakan Makassar. Letaknya di Galunggung (Daeng Rudi). Aku makan coto untuk pertama kalinya, menurutku rasanya super wow enak banget! Sejak itu, aku berjanji kalau lagi ada uang banyak aku bakal pakai buat foya-foya makan ke sana hahahah karena pas kuliah kan sangunya ya segitu-itunya.
Tampak depan warungnya (tapi rada miring haha)
Tapi berbagai kesibukan membuat aku lupa untuk foya-foya makan di sana. Bertahun-tahun nggak sobo makanan Makassar, akhirnya kemarin sore ada rejeki makan coto lagi hihi aziqqq. Kali ini bersama ibuku. Tapi nggak yang di Galunggung. Aku baca-baca di Twitter katanya ada yang lebih enak yaitu di Jalan Widodaren no. 9! 

FYI, emak aku kalau ditanya mau makan apa jawabnya selalu TERSERAH, yaudah aku kasih ide makan coto ini aja ke sana. Eh ternyata doi senang-seneng ajah!
Gambar-gambar menu di dinding sebelah kiri
Meskipun lokasinya cukup masuk-masuk, tapi ramai juga loh tempatnya! Aku juga punya berita bagus untuk kalian yang nggak suka bayar parkir, di sini bebas parkir! Asal masih sepanjang Jalan Widodaren no.9 yhaaa.

Harga seporsi Coto Makassar daging Rp20.000,00, kalau yang campur jerohan (usus, paru, dan sepertinja ada babat juga) Rp18.000,00. Aku pilih yang campur dan ibuku yang daging. Selain itu ada juga pallu basa, mie kering, sop saudara. Kenapa kupilih yang campur jeroan, karena makan daging doang terlalu mudah! Jeroan diciptakan biar gre666et! Mwahahahha.
Harga tersebut belum sama lontong atau buras (ketupat) ya. Per bijinya Rp2000,00. Nggak perlu pesan berapa lontong atau buras yang mau kamu makan, kita ambil sendiri di meja, sudah disediakan. Ntar tinggal lapor aja sudah ambil berapa. Ceritanya kaya kantin kedjoedjoeran gitu yha.
Fotonya burem jelek banget ya Allah -_-'
Untuk minumannya ada sirup, es buah, es pisang ijo, es palu butung, dan jus-jus gitu. Tentu saja aku pesan pisang ijo hahaha aku suka banget sama pisang ijo (tanpa es). Harga pisang ijo Rp10.000,00.

Semua orang bilang di Widodaren ini jauh lebih enak dibanding yang di Galunggung, malah beberapa teman aku bilangnya yang di Galunggung nggak banget! Sejujurnya aku lupa banget yang di Galunggung apa ya separah itu, karena kok dulu aku makan ya oke-oke ajah. Tapi ya yang di Widodaren ini emang enak. 
Aku juga suka lihat bakul kasirnya pasang bendera-bendera negara dan ikan koi gitu. Berasa di luar negeri hahaha tapi pertanyaannya ko nggak dipasang ya bendera merah putihnya? 
Pisang ijo tanpa es
Oh iya, tapi di sini kayanya nggak menyediakan gogos dan jalangkote. Kalau di Galunggung ada tuh. Gogos itu macam lemper tapi isinya bukan ayam tapi tuna, nah jalangkote itu pastel.

Recommended-lah kalau yang mau makan makanan Makassar ke sini. Gaaaas!
Bayarnya di situ, guys!
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

16 comments:

  1. Di tempat saya susah banget cari Coto Makassar ataupun Pisang Ijo hufttt padahal Pisang Ijo salah satu snack favorit saya hehehehe~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwahahah coba bikin sendiri gimana mba? :3

      Delete
  2. Aku pecinta soto banget, segala macam soto udah aku cobain, sering malah, nah untuk coto makasar ini belum kesampean beb, di jakarta ga gitu banyak, ngiler banget baca ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah masa kak??? samperin aja ke makassar lgsg kak XD terbang khsusu #misisotomakassar

      Delete
  3. Dulu tempat ayah saya dinas (Nipah Panjang) banyak orang bugis. Jadi saya akrab sama es pisang ijo. apalagi dimakan siang sianh aaah seger banget. kalau coto makassar belum pernah. jadi ngiler euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus kakanya coba segera :) keniqmatan yg HQQ kak coto mah <3 <3

      Delete
  4. wah kawannya sekampung ma saya. Akrab dengan coto makassar

    ReplyDelete
  5. duh es pisang ijonya bikin ngileeerrrrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. pdhl fotonya burem bang haha

      Delete
    2. soale udah tau model aslinya.
      Dan saya lg di kota yang jarang ada es pisang ijo, kecuali pas puasa kemaren

      Delete
  6. cobain langsung di makassarnya dong biar lebih greget..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  7. Kak, mau dong alamat lengkapnya, aku kan jadi kepengen, mumpung sama-sama Malang dan nggak afdol rasanya kalau nggak dapet alamatnya. :(
    Hehehe...
    Mamanya Kak Gita sama kayak Bundaku yang "terserah" dan asyik-asyik aja kalau diajak ke tempat-tempat kuliner yang nggak dikenal tapi anaknya yang kenal. :D Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalan widodaren nmr 9 dek. belakangnya Ayam Wong Solo. tau kan pasti :D emang nyempil gt tempatnya tapi rameeee

      Delete

  8. Salam kenal gita ,, sangat menarik blog yg membahas "kehabisan tempat main disolo"
    Saya jg orang klaten tp kerja disolo .hehe

    Privatcy ya ?
    Klo bs ku add n follow IG ATAU fb gt .
    Nuwun

    Ditunggu cerita lainnya

    ReplyDelete
  9. Penasaran nih sama kuliner makassar :D

    ReplyDelete