Saturday 27 April 2019

Terbius Wattpad!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

Belakangan ini aku sedang kecanduan baca Wattpad (WP). Awalnya karena aku dikirimin cerita bersambung (cerbung) sama ibuku, doi dapat dari temannya arisan. Karena temannya ibuku lama gitu kirimin bab terbarunya, iseng aku coba deh cari di Google. Eh dapat doooong ceritanya di Wattpad! Hwahahah. Yaudah aku baca aja terusannya di Wattpad.
Tapi ternyata di WP itupun ceritanya juga nggak lengkap semua ditulis, lompat-lompat. Usut punya usut ternyata cerbung itu sudah dibukukan. Sengaja gitu dibuat lompat-lompat babnya jadi orang bacanya penasaran lalu beli bukunya deh. Judul cerbung yang kubaca itu adalah: Menikah dengan Setan

Aku kira ceritanya bakal horor tapi ternyata nggak sama sekali malah penuh air mata! Aku nggak akan ceritakan sinopsisnya, coba dibaca saja di sini: Menikah dengan Setan oleh Isrina Sumia

Nah sejak itulah aku jadi coba baca-baca cerita lain di WP. Aku direkomendasikan oleh temanku yang judulnya: Progresnya Berapa Persen? Cerbung ini ditulis oleh Soraya Nasution. Nama akunnya WP-nya Levitt1806. Sepertinja dia ini suka sama Joseph Gordon Levitt makanya nama akunnya kaya gitu kwkwkw.

Setelah membaca MDS yang menguras air mata lalu baca cerita Soraya Nasution ini berasa kejungkir, karena bawaannya meseeeem terus dan gemessssss.  Ceritanya ucul banget, dalam hati berasa nyahutin "Ciyeeee", kalau ga "Sa aeeeee!"
Progresnya Berapa Persen? bercerita tentang April, karyawan sebuah konsultan pembangunan (bidang Teknik Sipil gitu deh) di Jakarta. April dan empat kawannya berada di bawah Manajer Teknik yang bernama Dewangga Bayuzena. Pak Dewangga, atau mereka suka singkat jadi Pakde, adalah manusia pintar, lumayan ganteng, nggak banyak omong, usia 33 tahun, dan (setahu mereka) hanya punya lima kemeja. Tiga di antaranya berwarna hitam, abu-abu, dan putih. Di hari Kamis Pakde akan memakai satu di antara warna tersebut, nah April dan kawan-kawannya itu di Rabunya akan bertaruh warna apa yang akan dipakai Kamis besok.

Nggak seru ya kalau tahu dari sini, mending baca aja lanjutannya langsung ya di sini: Progresnya Berapa Persen? oleh Soraya Nasution 

Anyway, aku nggak tahu kenapa membayangkan sosok Pakde ini adalah dosen aku di kampus dulu, namanya Pak Alwafi Pujirahardjo. Beliau dosen bangunan-bangunan air gitu. Pembawaannya juga mirip si Pakde ini masalahnya, pendiam dan pintar gitu. Duh jadi kangen (lah?)

Sampai saat ini Progresnya Berapa Persen? masih sampai Bab 30 dan udah tiga mingguan penulisnya nggak kunjung menerbitkan bab terbaru. Sungguh aku tuh sampai harus cari cerita lain biar move on dari kisah si April ini. Kalau engga gitu, tiap senggang dikit aku pasti baca-baca ulang ceritanya saking senengnya sama cerbung ini! Parah, candu banget.

Aku kan juga dulu kuliah Teknik Sipil ya jadinya baca cerbung ini tuh berasa seneng aja dengar istilah-istilah Sipil. Kata ganti orang pertama pun masih ada dipakai aku-kamu bahkan saya-kamu, nggak semuanya gue-lo meskipun latarnya di ambil di Jakarta.

"Sumpah deh kalau ada cerita yang sudut pandangnya orang pertama tapi pakainya gua gue gitu males banget, berasa kapitalis gitu!"
"Hah apa deh, Git..."


Karakter maupun latar setiap pemainnya pun nggak yang bermewah-mewah seperti cerita-cerita lain. Kadang kan ada yang tokoh utamanya itu anaknya konglomerat, rumahnya gede kaya lapangan bola, sakit perut doang ke KL. Lakinya yang suka sama dia hidupnya ya gitu, 11/12 sama dia. Yah... Aku percaya sih yang gitu beneran ada cuma kok kayak jauh kali sama kehidupan yang kujalani jadi berasa fiksi banget gitu hihi. 

Aku yang ngga cocok sama cerbung ini hanya judulnya aja. Ya kalau masih di WP gini yaudah bebas deh tapi harapanku kalau misal nantinya cerita ini jadi novel judulnya diganti aja dong bisa ga yaaaa.

Semoga Progresnya Berapa Persen? segera terbit bab terbarunya. Asli kangen beraaat sama April dan Pakde. 

***

32 comments:

  1. saya juga kalau baca wattpad pasti sukanya yang mysteri atau fantasi..gak begitu suka romance.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fantasi siapa kak pengarangnya yg favorit? mau dooong ;]

      Delete
  2. sejauh ini gak suka wattpad mungkin karena belum nemu cerita seru kali ya. aku lebih percaya novel yang udah pasti rapi penulisannya, dan siapa tahu sesuai selera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku awalnya jg gitu mba, trs aku disaranin temen. yah itu si, coba baca aja yg recommended. kedua, yg followersnya banyak hahah biasanya ceritanya bakal bagus2.

      Delete
  3. Saya juga suka baca cerita di Wattpad, tapi yang bahasa Inggris, mungkin sekalian melatih bahasa. Mau selancar baca yang bahasa Indonesia, tapi belum nemu cerita yang pas dan sudah tamat. Kayanya ngga puas gitu kalo belum tamat ceritanya. Atau mungkin karena ngga dapat rekomendasi cerita yang bagus kali ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba saya nemu banyak yg menarik dan bhs indonesia sampe kadang ga bisa tidur mikir mau lanjut baca apa engga --________--" tp ya cinta2an sih ceritanya haha saya lg suka yg bisa di cie2in gt soalnya :p

      Delete
  4. Di WP banyak novel keren-keren ya. Bahkan ke Gramedia pun, beberapa novel best seller yang dipajang, di covernya pasti ada tulisan "telah dibaca jutaan kali di Wattpad". Tapi saya lebih nyaman baca buku fisik ketimbang digital. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau fisik enak ya mba bisa sambil tiduran gt bacanya :D dan bau kertasnya itu loh.......... gada parfumnya di dunia ini hwhwhw.

      Delete
  5. WP kini tengah menjadi bacaan favorit bagi kalangan pelajar, selain buat hiburan WP juga syarat dengan tokoh - tokoh yang menginspirasi yang mungkin membuat kita menjadi seorang pengarang cerita atau fiksi...

    trims ....salam kenal ya Dik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya si ga merasa terinspirasi huahahaha tp jd bayangin bermacam2 cowo sempurna versi pengarang2nya itu -.-

      Delete
  6. Wahhh dah lama gak nulis di wattpad, kalo ak biasa menulis tentang drakor drakor gitu wahahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. temen aku kak suka bgt nulis drakor. :D mau dong linknya siapa tau temenku suka.

      Delete
  7. Udah lama sih denger-denger WP, tapi belum pernah ngakses

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaaa kan mba lantana bikin cerpen. tulis aja di wattpad mba. :D

      Delete
  8. Wattpad... Aku sudah lama sih denger Wattpad & teman-temanku banyak yang baca. Tapi, sejauh ini, aku masih suka baca novel fisik.

    Ternyata Kak Gita lulusan Teknk Sipil. Jadi suka cerita Progessnya berapa persen.

    Asyiknya yang lagi suka wattpad.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya bau buku tu ngangenin ya nid :D
      eh aku blm sempet follow ig mu --_--'

      Delete
    2. Iya... Aku lebih suka buku karena seneng aja sama sensasi baca sambil buka lembarannya.

      IG Kak Gita apa? :)

      Delete
  9. Jadi penasaran ..., sebenarnya wattpad itu seperti apa 🤭

    Jujur, aku sering denger namanya tapi belum pernah sekalipun buka wattpadd hahaha ..
    *malu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. isinya cerbung2 gt bang. ya bayangkan aja ini sinetron dlm bentuk bacaan :D

      Delete
  10. saya belum punya wattpad..
    kemaren mau beli di alpamaret, tapi abang2 kasirnya lagi meriang.. jadinya gak jadi

    ReplyDelete
  11. Adek gw banget, suka banget sama namanya Wattpad. Tiap hari bukain WP


    Hadehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. krn wattpad memang bikin candu bang, makulimah hahahha.

      Delete
  12. Kemaren sering baca2 WP. Salut sama dedikasi penulis di sana. Sepertinya benar2 karena hobi nulis yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin begitu kak. Keliatan 'lain' ya cara nulisnya?

      Delete
    2. Iya dan sepertinya tidak ada keuntungan langsung yang mereka terima tapi mau nulis panjang2

      Delete
    3. tp ada jg bang yg gatau gimana ceritanya tiba2 dibukukan penerbit2 gt~
      lalu beberapa babnya dihapus. walaaa~

      Delete
    4. Berarti penerbit buku juga sering mantau di situ yah

      Delete
  13. Salam kunjungan dan follow ya :)

    ReplyDelete
  14. Aku mau nyari ah, yang Menikah Dengan Seten itu. Judulnya sungguh menggoda.

    Apa nama akun Wattpadmu, Gita? Add aku ya, nama akunku Ramayoga.

    Makasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi MDS itu ga lengkap ram di WP, alias kita 'disuruh' beli novelnya hahah.
      Ok nanti tak follow yeah

      Delete