Monday 6 August 2012

One Day You'll be a Mother for His Children

Selama satu semester kemarin, aku banyak barengan sama anak dari Jakarta namanya Feby. Dia ini cantik banget, gaulz, tinggi (170+), dan yang pasti dia sangat Jakarta! Wkwkwkwkw. Terus terang aja, hampir semua yang dia ceritakan ini rasanya aku seneng gitu dengarnya, karena cerita dia ini hawanya ftv live, sesuatu yang tidak pernah guweh alami, tapi sering lihat di sinetron atau ftv, tapi kayak aneh gitu cerita beginian bener-bener ada #ribetcyiiin. Mulai dari cerita tentang keluarganya, cerita temen-temennya, sampai cerita keseharian dia. Tapi ada juga yang ngeselin -___-" yaitu saat dia nanya tentang berat badan karena #jleb #jleb banget, mbro Bayangkan, aku yang bodi bakso begini ditanyain begini sama dia yang bodinya sangat model majalah Liberty:   "Eh gentong aku gendut yak?" :( Fuck shit kambing jerapah harimau kelinci sayur lodeh demi apa aku pengen potong-potong ini anak, kayak gitu gendut jadi aku ini apaan? Zzzzzz (y-,-)y Oke kita jangan bahas berat badan, ini bikin suram dan madesu. Hal lain yang ngeselin tapi mau doooong kalo sering-sering :p adalah dia ini selalu bayarin aku makan, tapi pas aku mau bayarin dia makan (ini juga jarang2 -_-) dia nggak pernah mau. Namanya orang Indonesia, jadi sungkan gitu kan hehe. Tapi selebihnya, dia sehat (?).

Lupa hari itu hari apa, aku pas itu lagi di kost si Feby ini. Lupa juga nyambungnya dari mana, tiba-tiba aja aku udah bilang sama dia kalau aku pingin bisa nikah gak lama lagi, umur 25 gitu kalau gak salah. Trus dia menimpali, "Hem aku juga pernah dengar tong si Wida bilang gitu. Aku sebenernya herman, tapi aku diam aja. Jadi di Jakarta tuh kayaknya beda banget ya pola pikirnya, nikah umur segitu itu cepet banget deh, emang kamu ga pengen sukses pake keringat sendiri dulu trus nikmatin hasil kamu itu? Kakak gue, temen-temennya, banyak tuh yang udah 28 29 masih enjoy pacaran dan ga pengen cepet-cepet nikah. La kalau ntar kita lulus 22, masa iya cuman 3 tahunan kita sukses trus udah trus nikah gitu bla bla bla..." (lupa dia ngomong apa terusnya wkwkwk). Hoalaaah emang beda banget sih sama pikiran anak disini. Oke lah Febeh, ini cuman masalah beda pola pikir ya, mbro.

Tapi di hari lain, aku nemu lagi kata-kata dia yang gak jauh beda cuman aku gak setuju aja gitu. 
"Kalau nanti nikah ya gue harus kerja tong, buset di sini kuliah susah-susah, mahal pula, jauuuh, gak tidur, demi nilai demi LULUS yang juga susah masa iya ntar kita akhirnya cuman jadi ibu-ibu biasa, balik ke dapur. Semua yang dijalanin sekarang percuma dong."
Ya intinya dia bicara gitu deh. Sebenarnya gak cuma si Feby aja si yang aku pernah dengar bilang begini, cuman karena akhir-akhir ini seringnya sama dia jadi ya ingatnya dia Buat statement yang kayak begini, aku sih sangat tidak setuju cuman kayaknya pas itu aku nggak menyampaikan karena pas naik tangga, capek banget mbro -_-" Kebetulan juga beberapa hari sebelum dengar Feby bilang begitu aku dengar juga dari temen yang namanya Michael anak Sipil juga: 
"Menurut aku jangan kerja ah kalau perempuan, aku udah ngalamin dan gak suka tuh kalau Mamaku kerja."
*jadi inget sinetron-sinetron* 

Oh Febs, kamu harus dengarkan apa kata Michael ini.

Menurut aku, kalau kita jadi ibu-ibu nanti, mau kerja mau enggaknya nanti kita tanya dulu sama suami kita karena kita udah nggak sendiri lagi kita sudah punya kepala keluarga yang memang ditugaskan tidak cuma 'ngatur' tapi juga melindungi kita. Dia mengijinkan nggak. Apalagi kalau kita udah punya anak, itu anak suami kita juga, suami kita pasti nggak mau dong anaknya terbengkalai tak terurus, berdebu, ditinggalkan, hanya karena istrinya lebih mementingkan karier. Dan lagi ya wahai calon emak masa depan, ga pengen apa melihat tumbuh kembang anak sendiri, pertumbuhan anak tuh bukan film loh yang bisa di-pause dan diputar ulang, cuma sekali seumur hidup, mbro.  Jangan sampai nyesel ntar yaaa kalau ada yang nggak beres sama anak-anak kita hanya karena kita kurang perhatian.

Soal "kuliah susah-susah, gak tidur demi nilai demi LULUS masa iya ntar kita akhirnya cuman jadi ibu-ibu biasa...", sebetulnya kalau kita ikhlas ngejalanin sebagai perempuan, jadi 'ibu-ibu biasa' tuh sebenarnya lebih membanggakan loh. Ibu yang sukses sebetulnya bukan yang penghasilannya bisa puluhan juta per hari, tapi yang bisa bikin anak dan suami pengennya di rumah terus kan, itu adalah (misal) ibu yang bisa masak jadi anak dan suaminya lebih suka makan di rumah, pulang cepet, itu adalah ibu yang bisa benar-benar membuat rumah itu adalah... ya rumah, tempat ngumpul keluarga, tempat paling nyaman buat singgah. Ibu yang seperti itu adalah yang memang benar-benar punya waktu penuh buat keluarga. Biasanya nih, biasanya, itu adalah ibu-ibu yang nggak kerja--tapi belum tentu bodoh juga loh ibu-ibu nggak kerja itu--yang ngerasa bahwa keluarga emang segalanya apapun alasannya, capek buat keluarga itu juga udah jadi resiko, karena emang udah kewajiban dia sebagai perempuan dan istri. Tapi nggak kerja bukan berarti dia useless loh, tapi dia ini emang memasrahkan segala penghasilan untuk keluarga pada suami, karena sebenarnya (dalam Islam juga kan) bekerja mencari uang itu urusan laki-laki. Lagian di rumah doang kan bukan berarti nggak ngapa-ngapain, kan bisa ngerajut, bikin kue, atau ngapain gitu tuh yang kayak di film-film tuuuh.

Aku juga banyak dengar teman-teman perempuan aku yang "pengen lanjut deh S2, S3, Profesor, de el el...." Bangga sih punya teman kayak gitu, bangga banget sumpah soalnya mereka gak bosen-bosennya yak sekolah, ini S1 baru dua tahun aja udah Zzzzzz. Cuman agak khawatir juga, karena sifat dasar perempuan itu SOMBONG. Maksutnya seperti yang dibilang si Feby tadi, dia lulus S1 aja 'gak mau balik ke dapur', apalagi kalau udah lulus S2 gitu kan, pastinya nanti kerjaan yang diperoleh semakin wawaw, jadi waktu yang dihabiskan untuk karier di luar rumah juga semakin banyak kan, mungkin aja dia makin 'malu buat balik ke dapur'. Juga pasti sulit banget bagi waktu buat keluarga. Yakin deh, jarang banget nemu ibu-ibu yang benar-benar bisa berkarier sambil mendidik anak jadi orang yang bener. Padahal imbasnya ke anaknya ntar. Emang anaknya tiap pagi mau dikasih makan proposal atau LPJ kan nggak mungkin.
Buat aku, Michael bisa bilang gitu karena mungkin Mamanya kurang ada waktu buat dia, jadi dia menyarankan (ke aku) supaya jangan deh nantinya jadi ibu yang kerja, karena biar laki pun, namanya anak pengen bangetlah ada waktu sama Mamanya kapanpun.
Aku pengen banget teman-teman aku yang perempuan terutama bisa punya pemikiran sama gini, jadi kita benar-benar tahu, di masa depan nggak ada lagi anak kayak Michael yang mengeluhkan tentang Mamanya, nggak ada lagi sinetron broken home based on true story, dan Indonesia suah pasti punya generasi muda hebat-wawaw made in mama masing-masing (ciyeeehhhh mencreeettttt). Yeeeey! Lagian aku yakin banget, sebenarnya pun laki-laki tuh pengen punya istri yang berbakti dan yang selalu ada buat anak-anaknya, yang selalu ada di rumah saat pulang kerja. Karena dengan begitu berarti itu istri menjaga amanah suaminya. Oenjoeeeee :3

No comments:

Post a Comment